Mental LGO4D Tentang Health dan Remaja
Mental LGO4D Tentang Health dan Remaja

Kesehatan mental lgo4d dipengaruhi oleh sejarah dalam kehidupan yang meninggalkan efek yang besar pada kepribadian dan tabiat Satu orang. Peristiwa-peristiwa tersebut dapat berupa kekerasan dalam hunian tangga, pelecehan anak, atau stres berat jangka panjang.

Apabila kesehatan mental terganggu, maka timbul rintangan mental atau penyakit mental. Hambatan mental dapat mengubah cara seorang dalam menangani stres, berhubungan dengan orang lain, membuat pilihan, dan memicu hasrat utk menyakiti diri sendiri.

Mental Health, dinamakan sebagai "kesehatan mental". Di mana menyangkut dengan kondisi emosi, kejiwaan dan psikis Seorang. Sudah tak begitu asing bagi kita mendengar tentang kalimat "Mental Health" dikalangan remaja pada saat kini.

Krisis mental, kini kerap dialami kaum remaja disejumlah daerah tanah air atau bahkan disepenjuru dunia. Berdasarkan survey World Health Organization (WHO) Banyaknya 10-20% anak remaja diseluruh dunia mengalami ganjalan dengan cara psikis.

Bahkan menurut Mentri Kesehatan, presentase pengidap hambatan jiwa juga mencapai 20 ri keseluruhan total masyarakat di Indonesia. Masalah kesehatan mental ini jadi isu yang semakin banyak diperbincangkan diberbagai Negara pada saat ini. Banyak kasus yang muncul dan beredar tentang kasus bunuh diri yang disebabkan rusak atau hancurnya kesehatan mental satu orang remaja.

Salah satu kasus juga membuktikan adanya masalah kejiwaan pada anak remaja. Satu orang pemuda berinisial AZ (18 Thn) asal penduduk Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi, ditemukan wafat dunia dirumahnya pada (19/12/2023). Diduga korban wafat karena bunuh diri, karena tengah mengalami ganjalan mental selama setahun akhir ini.

"Setelah menerima laporan kejadian tersebut, proses identiifikasi korban dilakukan oleh petugas kepolisian, Puskesmas Cidadap dan anggota Koramil Sagaranten", kata Maruly. Saat melakukan Sensor, keluarga korban mengaku terhadap kepolisian, bahwa AZ mengalami kendala mental selama setahun terakhir dan tengan dalam kondisi depresi.

Wakil Ketua Komisi Wanita, Remaja dan Keluarga (PRK) Majelis Ulama Indonesia (MUI), Yuli Yasin mengemukakan , fenomena anak-anak atau remaja bunuh diri tidak hanya jadi indikasi bahwa anak-anak remaja bermasalah, tapi juga sekaligus jadi indikasi bahwa keluarga Indonesia tidak sedang baik-baik saja.

Hal tersebut di sampaikan Yuli utk menyikapi jumlahnya kasus bunuh diri di Indonesia. Utk ketahuan sejak Januari hingga 18 Oktober 2023 ada 971 kasus bunuh diri di Indonesia, diantaranya ada remaja dan mahasiswa yang melakukan perbuatan bunuh diri.

Dari kasus Di atas, beberapa remaja mempunyai risiko lebih besar kepada kondisi kesehatan mental. Karena kondisi kehidupan mereka, stigma, diskriminasi, pengucilan serta beberapa perihal yang membuat mereka merasa tertekan. Permasalahan kesehatan mental yang dialami para remaja ini bermayoritas bersumber dari lingkungan sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *